Sudahkah kalian tersenyum hari ini ??

27 Nov 2012


Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh.
Senyum itu, Selain Sehat Juga Ibadah
Bagi seorang Muslim, senyuman itu sedekah yang murah meriah. Sebab, senyum itu bernilai ibadah dalam Islam. Namun, ternyata senyum juga menyehatkan jiwa dan psikis. Konon, senyum itu sama dengan olahraga ringan 20 menit.
Islam memberikan perhatian khusus mengenai senyum. Sebuah hadist berbunyi, Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah (HR Tirmizi dan Abu Dzar).
Hadits yang lain menegaskan, Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah (HR Trimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi). Karenanya, Rasul mengingatkan umat Islam untuk tidak meremehkan kebajikan sedikit pun, termasuk senyuman. Beliau bersabda, Jangan meremehkan sedikit pun dari amal kebaikan, meski hanya sekadar bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri (senyum) (HR. Muslim).
Adapun dalam perspektif ilmu kesehatan, olahraga terbaik dan paling efektif untuk menyehatkan wajah adalah dengan tersenyum. Selain bisa mengurangi lemak pada wajah, tersenyum juga bisa mencegah munculnya kerutan pada wajah. Dan lagi, senyuman juga dapat memperlancar aliran darah di sekitar syaraf wajah. Orang yang selalu tersenyum akan terlihat memancarkan aura citra positif. Menggerakan satu kali bibir untuk tersenyum, maka ribuan urat saraf yang terdapat dalam seluruh tubuh mengalami pergerakan. Senyum membuat otot di wajah lebih kencang.
Itu pada tingkat subjeknya. Lalu, pada objek yang disenyumi? Setiap orang yang melihat orang lain sedang tersenyum, tentunya akan merasa tentram, nyaman dan tenang. Itulah manfaat senyum yang kemudian menjadikannya bernilai ibadah. Ya! Senyum memang ibadah sosial, walau tak berbentuk materi.
Disinyalir bahwa senyum bisa mengobati hati yang terluka atau tersakiti. Senyum membuat kita lebih ikhlas. Senyum memberi kesabaran yang menguatkan jiwa. Singkatnya, efek tersenyum ketika Anda berinteraksi dengan sesama, akan memberikan kekuatan positif yang mampu menggerakkan semangat hidup Anda dan orang yang Anda senyumi.
Dalam catatan Wikipedia, dalam perspektif fisiologis, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, juga di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang. Jadi, dengan tersenyum Anda akan terlihat kuat dan tabah menghadapi kerasnya kehidupan. Persoalan hidup yang sulit juga -kendati menekan Anda - akan dilupakan sejenak sehingga Anda memiliki kekuatan lebih untuk menyelesaikan persoalan hidup yang lain.
Menurut Dr. Aidh al-Qarni dalam La Tahzan, term senyum itu sendiri adalah kata yang indah, menarik hati, menyenangkan dan menggembirakan. Setiap orang yang melihat seseorang sedang tersenyum akan merasa damai dan hati diliputi kesejukan.
Maka, tersenyumlah sebagai olahraga yang menyehatkan, ibadah bagi Anda serta sedekah bagi orang di sekitar Anda. Namun, yang patut ditegaskan, agar senyuman Anda berdampak positif maka senyumlah se-ikhlas hati. Jangan pernah membungkus senyuman dengan kepentingan. Sebab itu berarti Anda mencabut senyum dari esensinya. [Sukron Abdilah/Mizan.com]
http://www.mizan.com/news_det/senyum-itu-selain-sehat-juga-ibadah.html
http://maripeduli.blogspot.com/search/label/Rahasia%20Syukur

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
10 Kebaikan di Balik Senyuman
Tabassumuka Fii Wajhi Akhiika Shodaqoh.
Artinya,
Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah.
Senyum mungkin bagi kita adalah hal yang sederhana dan mudah, cukup menarik sudut bibir ke arah samping dan menampakkan gigi. Namun tidak sesederhana itu, kadang tersenyum saat-saat tertentu sangatlah sulit. Terlebih jika kita tidak mood untuk tersenyum.Senyum mempunyai hubungan erat dengan karakter seseorang, karena tidak sedikit ditemukan sifat individu yang murah senyum. Senyum banyak dikaitkan dengan perasaan hati, kondisi jiwa dan mood. Senyum dapat mempengaruhi kesehatan, tingkat stres dan daya tarik kita. Senyum juga dipercaya sebagai salah satu jalan jika ingin awet muda. Senyum diketahui mempunyai manfaat untuk kesehatan, di antaranya yaitu :
Senyum membuat kita lebih menarik. Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari kita , tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik.
Senyum mengubah mood kita. Ketika kita merasa jatuh atau down cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood kita akan berubah menjadi lebih baik.
Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum. Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada disekitarnya dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka anda akan disukai oleh banyak orang.
Senyum dapat mengurangi stres. Stres secara nyata dapat muncul di wajah anda. Senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang lelah atau merasa down. Jika anda sedang stres cobalah untuk tersenyum, maka stres anda akan berkurang dan anda akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya.
Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh anda. Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.
Senyum menurunkan tekanan darah anda. Ketika anda tersenyum, maka tekanan darah anda akan menurun. Jika anda tak percaya, anda boleh mencobanya sendiri, jika anda memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah anda.
Senyum mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami.
Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda. Jika anda ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyum anda sepanjang hari, maka anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.
Senyum membuat anda tampak sukses. Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat anda melakukan pertemuan dan saat ada janji. Rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat anda akan merasakan sesuatu yang berbeda.
Senyum membuat anda tetap positif. Senyumlah! Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulitkan? Karena ketika anda tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh anda bahwa hidup anda saat ini baik-baik saja.
Maka jauhkan diri anda dari depresi, stres dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu senyum, tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat. Jika berlebihan, maka orang lain akan menganggap anda kurang waras. Satu hal lagi karena dengan tersenyum anda mendapatkan satu nilai shadaqah. Sudahkan anda tersenyum hari ini?
http://ustadchandra.wordpress.com/2012/10/28/10-kebaikan-di-balik-senyuman/
http://maripeduli.blogspot.com/search/label/Baca%20dan%E2%80%A6..menangislah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
10 Manfaat Senyum Bagi Kesehatan
Tersenyum merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi stres dan menambah teman. Tapi ternyata ada 10 manfaat lain dari tersenyum bagi kesehatan seseorang.
Seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.
Selain itu tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan tersenyum, seperti dikutip dari About, Jumat (2/12/2011) yaitu:
1. Senyum membuat seseorang lebih menarik
Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.
2. Senyum bisa mengubah suasana hati
Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.
3. Senyum bisa menular
Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.
4. Senyum bisa meredakan stres
Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.
5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.
6. Senyum menurunkan tekanan darah
Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.
7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin
Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.
8. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.
9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses
Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.
10. Senyum bisa membantu orang tetap positif
Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.
https://www.facebook.com/note.php?note_id=301091556598163
http://dedi5611.blogdetik.com/index.php/hati/

Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh.
Hadits-Hadits Keutamaan Senyum ~
~.::*Senyum adalah ungkapan hati yang tulus,dan sebagai obat penawar bagi hati yang bersedih,pemberi semangat dikala jiwa lesu, sekaligus juga akan melahirkan kehidupan yang indah,dibawah ini ada beberapa hadits-hadits keutamaan senyum, dari Tausiah KH. Abdullah Gymnastiar, diantaranya yaitu :
1.Dari Abu Dzar Radhiyallahu AnhuBahwa ia berkata Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu. (HR. At Tirmidzi dan Ibnu Hibban).
2. Dari Jarir bin Abdillah Radhiyallahu AnhuBahwa dia berkata,
Sejak aku masuk Islam, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak pernah menolak aku untuk duduk bersama beliau. Dan tidaklah beliau melihatku kecuali beliau tersenyum kepadaku. (HR. Bukhari dan Muslim).
3. Dari Abdullah bin Al Harits bin Jaz`i Radhiyallahu Anhu dia berkata, Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. (HR.At Tirmidzi).
4. Jabir bin Samurah Radhiyallahu Anhu berkata, ia menceritakan tentang kebiasaan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam , Beliau biasanya tidak berdiri dari tempat shalat di mana beliau shalat shubuh padanya kecuali setelah terbit matahari. Apabila matahari telah terbit barulah beliau berdiri. Sementara itu para sahabat bercakap-cakap membicarakan kejadian di masa jahiliyah, lalu mereka tertawa, sedangkan beliau hanya tersenyum. (HR. Muslim).
5. Dari Abu Dzarr Radhiyallahu Anhu dia berkata,Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang maruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah. (HR. At Tirmidzi)
6. Rasulullah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria.” (HR. Muslim).
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=551247188222418&id=228587177155089
http://dedi5611.blogdetik.com/index.php/hati/


Sudahkah kalian tersenyum hari ini ??
Manfaat Senyum
Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat anda terlihat lebih muda. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat anda terlihat lebih muda.
tuhkan cantik ? ^^
Dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan kekebalan secara psikologis.
Memicu perasaan optimis, dan dapat meningkatkan hubungan baik dengan orang lain.
Senyum mengubah mood anda Ketika anda merasa jatuh atau down cobalah utk tersenyum. Mungkin saja mood anda akan berubah menjadi lebih baik.
Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain.
Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yg ada di sekitarnya. Seringlah tersenyum maka anda akan disukai oleh banyak orang.
Stres secara nyata dapat muncul di wajah anda. Senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang lelah atau merasa “down”.
Jika anda sedang stres cobalah utk tersenyum, maka stres anda akan berkurang dan anda akan merasa lebih baik utk membuat langkah selanjutnya.
Dari segi kesehatan, senyum juga memiliki peran yang penting untuk ikut menjaga kebugaran tubuh.
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran Endorphin (pereda rasa sakit secara alami) dan Serotonin (hormon yang mengendalikan mood seseorang).
Ketika anda tersenyum, maka tekanan darah anda akan menurun dengan sendirinya. Bukankah anda sering menjumpai orang yang gampang marah-marah memiliki tekanan darah tinggi? Karena marah berlawanan kutub dengan senyum.
Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks.
So, dengan tersenyum selain baik secara psikologis selain itu baik secara kesehatan . Sudahkah kalian tersenyum hari ini ??
Rasulullah juga menegaskan, senyum adalah sedekah paling murah, tetapi paling besar pahalanya :)
http://nb28.blogspot.com/2012/10/manfaat-senyum.html
http://maripeduli.blogspot.com/search/label/Baca%20dan%E2%80%A6..menangislah


Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh.
Tips mengajarkan anak untuk bisa tersenyum
MOM, kok aku enggak pernah bisa menggambar wajah orang yang sedang tersenyum dengan ceria sih?
Pertanyaan itu dilontarkan Ninda sambil menggambar seraut wajah.
Saat itu, kebetulan Ibunda Ninda sudah ada di rumah. Biasanya, jika sedang banyak pekerjaan di kantor, Ninda tak bisa menjumpai sang Ibu. Dia sudah tidur, ketika ibunda Ninda sampai di rumah.
Memang waktu menggambarnya kamu tersenyum dengan ikhlas tidak Nak?
Enggak, Mom. Habis aku sedang BT, gak bisa tersenyum, jawab Ninda setengah bersungut-sungut.
Potongan dialog di atas menggambarkan betapa senyum adalah masalah hati. Dengan jujur Ninda mengaku tidak bisa tersenyum, karena hatinya sedang tertekan.
Sementara, Ibu Ninda member penegasan bahwa senyum hanya bisa dibuat ketika hati kita ikhlas, ringan, bebas dari tekanan apa pun.
Tentu, senyum di sini berbeda dengan senyum plastik yang biasanya dengan mahir dipertontonkan para artis, mulai artis di atas catwalk maupun di panggung dan pentas hiburan lainnya.
Betapa pun, senyum akan membuat orang yang melihatnya terasa nyaman. Apalagi jika senyum yang dilontarkan benar-benar tulus yang berasal dari dalam hati.
Masalahnya, tak semua anak bisa dengan mudah memberikan senyum yang indah dan menyenangkan bagi teman-teman sebayanya.
Kemampuan tersenyum, boleh jadi, adalah keterampilan nomor sekian setelah kemampuan marah, menangis, mengomel dan ekspresi yang cenderung agresif lainnya.
Namun, tanpa senyum dan terus bermuka serius apalagi murung, seorang anak berpotensi ditinggalkan teman-temannya.
Teman-teman di lingkungan anak yang sulit tersenyum tentu menjadi segan untuk mengajaknya berbincang.
Padahal, saat bermain bersama, selalu saja ada saatnya anak saling berbincang, ngobrol atau berbagi sesuatu sambil bercanda dan tertawa-tawa.
Nah, apa yang akan terjadi kalau salah satu dari kita hanya berdiam diri saja, tidak mau berbicara, juga tersenyum apalagi tertawa? Bisa dibayangkan, suasana bermain mereka menjadi kaku. Beku bagaikan es batu.
Berikut, beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengajarkan kepada anak agar bisa tersenyum:
1. Konsep: ajarkan kepada anak soal konsep Senyum itu sehat! Senyum itu indah! Senyum itu ibadah!
2. Informasi: Sampaikan kepada anak tentang berbagai manfaat dari tersenyum, seperti wajah akan selalu terlihat cerah, ceria dan mengajak orang lain untuk juga berwajah cerah dan ceria.
3. Ekspresi: contohkan kepada anak bagaimana garis wajah orang tersenyum. Berikanlah anak senyuman terindah Anda, dan sampaikan kepadanya mengapa Anda tersenyum. Dengan begitu anak bisa belajar soal alas an mengapa seseorang tersenyum dan pada saat seperti apa senyuman terbaik itu bisa muncul.
4. Rabaan: Cobalah sekali lagi tersenyum, tuntut tangan anak Anda untuk menyusuri wajah senyum Anda.
5. Simulasi: Ajak anak untuk mencari bahan untuk tersenyum. Misalnya, sambil menutup mata, tuntun anak mengingat masa paling menyenangkan dengan Anda.
6. Respons dan otomasi: Latih anak untuk merespons hal-hal yang menyenangkan, lucu, menggembirakan dengan senyuman. Camkan kepada anak Anda, bahka begitu terbiasa, siapa pun bisa tersenyum saat merespons hal-hal yang lucu, menyenangkan dan sejenisnya.
7. Nilai: Tegaskan kepada anak bahwa senyum yang tulus hanya bisa terjadi ketika hati sang anak memang jujur dan ikhlas tanpa paksaan untuk tersenyum.
8. Kliring: Latih anak Anda untuk membersihkan hati dari hal-hal yang bisa menghambat senyum, seperti perasaan mudah marah-marah, jengkel, emosional, kesal dan seterusnya.
Selamat mencoba, dan keep smile! (sae)
http://www.kabar24.com/index.php/tips-mengajarkan-anak-untuk-bisa-tersenyum/
http://sumber-inspirasi-ku.blogspot.com/2012/05/senyum-adalah-sebuah-pesan-kehangatan.html
http://dedi5611.multiply.com/journal/item/101
Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh.
Kehancuran umat disebabkan oleh moralnya
http://www.alquran-indonesia.com/web/quran_index/folders/contents/17
Sudahkah kalian tersenyum hari ini ??
http://hatiorganik.faceblog.com/index.php/2012/10/08/hati-organik/
http://kfk.kompas.com/user/view/217591-Dedi-Sukandar
Manfaat berbakti kepada orang tua
http://hatiorganik.faceblog.com/index.php/2012/11/12/berbakti-kepada-kedua-orangtua/


TAGS santun hati bicara


-

Author

Follow Me