Bijak Dan Bahagia Meski Menua.

16 Oct 2012

Dedi Sukandar|Buat Lencana Anda





Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kebahagiaan seorang pegawai adalah ketika mereka berhasil memasuki masa purna tugas (pensiun) dalam keadaan sehat walafiat.
Lepas sudah semua beban tugas dan tanggung jawab serta rutinitas sehari hari dari penatnya pekerjaan.
Kini saatnya memasuki suasana kehidupan baru.
Sehubungan dengan berakhirnya saya bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (Purna Tugas) di FITB- ITB mulai bulan Desember 2012.
Saya mengucapkan terima kasih atas segala kebaikan , batuan dan kerja samanya selama saya bekerja di FITB-ITB. (ITB Umumnya)
Sebagai manusia tentu saya banyak kesalahan atas ucap yang tidak santun dan perilaku arogan, yang tidak berkenan di hati rekan-rakan semua.
Dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Saya hanya bisa mohon kepada ALLAH Subhanahu Wa Taala
semoga rekan-rekan yang masih aktif di FITB-ITB (ITB Umumnya) selalu berada dalam Berkah dan Lindungan dari ALLAH Subhanahu Wa Taala..
Dan sukses selalu.

http://maripeduli.blogspot.com/search/label/Wisdom%20and%20Happiness%20While%20Aging
http://dedi5611.blogdetik.com/index.php/2012/10/16/bijak-dan-bahagia-meski-menua/
http://hatiorganik.faceblog.com/index.php/2012/09/21/wisdom-and-happiness-while-aging/
Optimis & Sukses Memasuki Masa Pensiun
Hal penting yang sering terlupakan oleh perusahaan dalam mengelola proses pensiun karyawan adalah adanya perubahan suasana dan kondisi mental karyawan dibandingkan saat masih berada di lingkungan pekerjaan dengan setelah mereka pensiun. Perusahaan yang baik perlu ikut memikirkan proses persiapan mental karyawan dalam melalui proses tersebut melalui pembekalan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menghadapi masa pensiun, sehingga rasa khawatir dalam menghadapi situasi yang tidak menentu dapat diminimalisasi.
Pada pelatihan selama 2 (dua) hari ini peserta akan dibimbing untuk menghadapi fakta hidup secara rasional dan penuh keyakinan diri, bagaimana menghadapi masa pensiun dengan percaya diri serta kiat-kiat lain dalam mencari peluang usaha mandiri.
Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para praktisi sumber daya manusia yang akan menjadi fasilitator dalam mempersiapkan karyawannya menjelang pensiun, maupun mereka yang akan menjalani pensiun itu sendiri.
Sasaran Pelatihan :
Mengubah rasa takut dan ketidakpastian menghadapi masa pensiun menjadi optimisme namun tetap rasional
Menggali potensi diri yang ada
Belajar melihat peluang dan kesempatan yang ada di sekitar kita
Menetapkan (kembali) sasaran hidup yang baru
Memahami proses perencanaan dan pelaksanaan bisnis
Garis besar Pelatihan :
Persiapan menghadapi masa pensiun
Perubahan kondisi sosial dan emosional yang terjadi antara masa aktif bekerja dengan setelah pensiun
Menggali potensi positif dari dalam diri sendiri
Mencari peluang bisnis di sekitar kita
Mengelola keuangan dimasa pensiun
Membuat rencana bisnis dan tindak lanjutnya
Hidup tenang di usia senja
Metode Pelatihan :
Partisipatif, diskusi kelompok, latihan individu kelompok
Workshop Leader : Sih Hartono, SE.
Telah memiliki pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari 11 tahun. Beberapa Skills dan keahlian Sih Hartono diantaranya : HR Management, Personell dan GA, HR Budgeting, Designing Job Grading, Salary Structure dan Industrial Relation. Dengan pengalaman dan expertise yang ia miliki dibuktikan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai perusahaan seperti : ASTRA Training Center, Mulia Industrindo Tbk, Lembaga Pengembangan Tenaga Kerja dan industri lainnya.
http://valueconsulttraining.com/human-resources-training/38-optimis-a-sukses-memasuki-masa-pensiun#axzz2DZKhtb4t
Masa Pensiun Adalah Masa yang Menyenangkan
Masa pensiun adalah masa yang secara alamiah akan menghampiri setiap orang, datangnya sudah pasti berdasarkan pencapaian usia tertentu. Banyak yang beranggapan, masa pensiun adalah memasuki masa usia tua, fisik yang makin lemah, makin banyak penyakit, cepat lupa, penampilan tidak menarik. Atau juga anggapan bahwa masa pensiun merupakan tanda seseorang sudah tidak berguna dan tidak dibutuhkan lagi dalam dunia pekerjaan karena usia yang menua dan produktivitas makin menurun. Tanpa disadari, pemahaman seperti inilah yang mempengaruhi persepsi seseorang sehingga ia menjadi over sensitif dan subyektif terhadap stimulus yang ditangkap dan kondisi mengakibatkan orang jadi sakit-sakitan saat masa pensiun tiba.
Banyak orang yang tidak siap menghadapi masa pensiun, karena pensiun dianggap sebagai pemutus kegiatan rutin yang dilakoninya selama bertahun-tahun. Selain itu, masa pensiun selalu dianggap sebagai masa yang menjengkelkan, hilangnya kegiatan kerja yang rutin, menurunnya penghasilan, hilangnya wewenang yang selama aktif bekerja dimilikinya (post-power syndrome), dan kondisi kesehatan yang semakin menurun seiring dengan pertambahan usia.
Sebenarnya masa pensiun tidakah seburuk itu. Banyak juga orang yang berhasil menjalani masa pensiunnya dengan bahagia. Mereka menikmati masa pensiun sebagai masa yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu, sehingga mereka menjadikan masa pensiun sebagai akhir yang indah dan cemerlang dalam pencapaian hidupnya. Mereka berhasil menyusun beberapa langkah untuk mengatasi hal hal yang tidak diinginkan pada masa tua mereka, terutama masalah keuangan yang tidak lagi stabil.
Ada banyak cara untuk mempersiapkan diri Anda ketika menghadapi masa pensiun
Pertama, persiapkan kondisi fisik dan mental Anda. Cobalah untuk selalu berpikir positif atas apa yang telah Anda capai selama ini. Anda bisa mendiskusikan ini semua dengan pasangan Anda, sebab pasangan Anda yang paling mengerti bagaimana Anda semenjak masih aktif bekerja hingga Anda pensiun.
Kedua, menerapkan gaya hidup yang sehat. Semua masalah bisa diselesaikan selama kita memiliki kondisi tubuh yang sehat, maka sangat perlu bagi Anda untuk tetap menjaga kebugaran di masa pensiun Anda. Cobalah untuk rutin melakukan olah raga bersama keluarga atau sahabat dan teman Anda.
Ketiga, kembangkan hobi atau kegiatan positif yang dulu sempat tertunda oleh rutinitas kerja Anda. Ingat hobi atau kegiatan positif Anda sangat memungkinkan untuk dikembangkan atau bahkan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi Anda di masa pensiun.
Keempat, buatlah perencanaan anggaran keuangan sebelum masa pensiun Anda tiba, agar kelak Anda tidak mengalami masalah keuangan nantinya. Cobalah metode pendekatan keuangan yang ditawarkan oleh pihak kantor dimana Anda dulu bekerja atau bank tempat Anda menyimpan uang saat ini. Jika memungkinkan, cobalah untuk berinvestasi. Tidak harus dalam usaha yang besar, tapi yang sedang saja sehingga kemungkinan rugi bisa diminimalisir.
Kelima, terus menjaga hubungan baik dengan relasi dan teman teman selama Anda bekerja. Terkadang, dengan tetap menjalin komunikasi yang baik, Anda tetap bisa melakukan kegiatan yang dulu sering Anda lakukan bersama atau sekedar bertukar pikiran.
Terakhir, perdalam sisi spiritual Anda. Dekatkan diri Anda dengan Yang Maha Kuasa. Perbanyaklah kegiatan rohani yang mungkin selama ini tidak terlalu sering Anda lakukan karena kesibukan karir Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan ketenangan dalam batin dan psikis Anda.
http://id.jobsdb.com/ID/EN/Resources/JobSeekerArticle/masa%20pensiun?ID=497
Mengatasi kecemasan dan ketakutan memasuki masa pensiun
Pensiun adalah masa transisi yang signifikan sejauh penggunaan waktu yang bersangkutan.Pensiun adalah pengalaman yang menegangkan bagi kebanyakan orang yang mengalami,karena dihadapkan pada perubahan pola hidup secara umum dan karena status sebagai orang pensiunan.Bisa dibayangkan,rata-rata seorang PNS mengabdi mulai usia muda sampai tua.Begitu lamanya hidup di lingkungan kerja,kantor sudah seperti rumah sendiri dan rekan kerja seakan menjadi saudara,itulah sebabnya, sebagian PNS yang memasuki usia pensiun merasa tegang dan galau untuk memasuki fase tersebut. Kecemasan dan ketakutan memasuki masa pensiun sebagai PNS,rendahan dengan PNS yang pejabat, tentu ada kesamaan dan perbedaannya.karena penuh dengan pengalaman,orang yang berbeda dan tempat yang berbeda. Pejabat yang akan memasuki masa pensiun lebih tegang dan cemas karena memasuki perubahan gaya hidup,dan pengaturann kehidupan secara umum.Mereka ketakutan oleh stigma panggilan sebagai orang pensiun,kehilangan kekuasaan,status sosial di masyarakat,belum lagi kalau pejabat tersebutmasih tersangkut proses peradilan.Karena ketidak siapan pejabat menghadapi kondisi tersebut,, maka dengan tanpa rasa malu,mereka berharap untuk menunda waktu pensiun dan memohon untuk dipekerjakan kembali sebagai pejabat.
PNS rendahan yang memasuki masa pensiun kebanyakan merasa cemas dan takut lebih dititik beratkan karena sumber daya keuangan pasca pensiun,masalah usia dan kesehatan, panjangnya waktu terbuang dalam kehidupan usia lanjut.
Apapun penyebab kecemasan dan ketakutan tersebut, tentu ada cara untuk mengatasinya.seperti yang disarankan oleh para ahli dan orang-orang yang telah melewati masa pensiun dengan sukses dan berhasil anatara lain :
1.Jangan menambah kredit baru, menjelang waktu pensiun.
2.Gunakan dana santunan pensiun dari Pemerintah, untuk investasi, dan manfaatkan dana TASPEN untuk memulai usaha baru atau mengembangkan usaha yang telah ada sebelumnya.
3.Berkonsultasi dengan Instansi terkait dengan bidang usaha yang dijalankan.
4.Tingkatkan komunikasi dengan keluarga dan semua orang yang terlibat dengan kegiatan usaha.
5.Mulailah dengan niat yang tulus, kerja keras,dan seimbangkan antara Keinginan, Kemampuan dan Upaya yang dijalankan.
6.Selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, kerjakan segala sesuatu sesuai perintahNYA dan tinggalkan semua laranganNYA.
7.Selamat berkarya, selalulah berdoa, semoga berhasil mengatasi kecemasan dan ketakutan sebagai orang pensiunan.
http://ipma.co.id/
http://www.financeindonesia.org/showthread.php?5444-Mengatasi-kecemasan-dan-ketakutan-memasuki-masa-pensiun
http://hatiorganik.faceblog.com/
http://maripeduli.blogspot.com/search/label/Wisdom%20and%20Happiness%20While%20Aging
http://dedi5611.blogdetik.com/index.php/2012/10/16/bijak-dan-bahagia-meski-menua/
http://hatiorganik.faceblog.com/index.php/2012/09/21/wisdom-and-happiness-while-aging/

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Wisdom and Happiness While Aging
Bijak Dan Bahagia Meski Menua.
http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2012/02/01/bijak-dan-bahagia-meski-menua/
http://maripeduli.blogspot.com/search/label/Wisdom%20and%20Happiness%20While%20Aging
Memaknai Empat Puluh Tahun
Pepatah mengatakan: life begins at 40. Memasuki usia 40 tahun, sering dimaknai agak berbeda dengan usia lainnya. Mengapa? Mungkin banyak orang beranggapan bahwa di usia 40 orang tidak perlu merasa tua, tetap bisa merasa dan terlihat muda, cantik atau ganteng, bijak, dan bergairah dalam usia yang lebih matang. Intinya menghibur diri: tenanglah, kamu masih muda kok, masih cantik kok.
Bahkan beberapa orang mengaitkan usia 40 tahun ini dengan usia puber kedua, saatnya ada gejolak dan pencarian jati diri lagi yang banyak ditandai dengan jatuh cinta lagi (meski sudah menikah) atau mulai bergenit-genit lagi layaknya remaja, karena tidak ingin kelihatan bahwa sebenarnya sudah cukup tua.
http://fimadani.com/memaknai-empat-puluh-tahun/

Tips Untuk Menghadapi Masa Pensiun Nanti

PENSIUN memenuhi arti berbeda bagi setiap orang. Mungkin saja bagi Anda pensiun berarti transisi dari karier penuh waktu menjadi pekerjaan paruh waktu. Namun yang memberikan ketenangan pikiran di masa pensiun adalah bagaimana mencapainya secara finansial.

Untuk itu Anda perlu mempersiapkannya dengan langkah berikut:

Definisikan pensiun

Tuliskan daftar bagaimana Anda menghabiskan masa pensiun. Fokus pada gagasan. Misalnya melakukan perjalanan wisata, terlibat dalam komunitas atau menjadi relawan penitipan anak satu hari dalam seminggu.

http://investigasiberita.blogspot.com/2012/05/tips-untuk-menghadapi-masa-pensiun.html

center>
Buka Usaha Cara Jitu Menghadapi Pensiun

Kemarin kami rombongan dua mobil beranjangsana ke Madiun bersilaturahim ke rumah sahabat yang baru memasuki masa purna tugas alias pensiun. Setiap kali ada sahabat yang memasuki masa pensiun selalu kami kunjungi sebagai tanda bahwa kami tetap ada sebagai sahabat walaupun tidak hidup bersama seperti ketika masa produktif bekerja dan beraktifitas dalam organisasi wanita. Hidup dalam satu komplek perumahan dinas dengan segala aktifitasnya. Ketika itulah kami selalu mendapatkan cerita menarik dan unik selama mereka mempersiapkan masa menjelang pensiun dan hari-hari pertamanya beradaptasi dengan lingkungan barunya.

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/10/07/buka-usaha-cara-jitu-menghadapi-pensiun/

http://pegawai-ri.blogspot.com/2012/01/tips-menghadapi-masa-pensiun.html
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/05/26/7-kiat-menjalani-karir-kedua/
http://arisnugroho.com/archives/tag/persiapkan-keuangan-saat-menghadapi-masa-masa-pensiun

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Wisdom and Happiness While Aging

Bijak Dan Bahagia Meski Menua

Menjadi tua adalah kepastian, namun tampil awet muda adalah pilihan dan bisa diusahakan. Benarkah?, begitulah tuntutan kehidupan yang makin modern ini, banyak orang-orang berlomba untuk bisa tampil awet muda, dari usaha yang ecek-ecek alias abal-abal bin bau mistis sampai yang menggunakan teknologi super canggih berharga jutaan. Yang perlu di garis bawahi dari proses penuaan itu sendiri sebenarnya adalah apa-apa yang terjadi di dalamnya. Sehingga ketika kita tahu awal mula terjadinya bisa menyiasati apa yang seharusnya kita lakukan. So tidak usah membabi buta berusaha menghentikannya, yang tentunya mengundang resiko tertentu yang justru membahayakan diri kita.
http://www.dakwatuna.com/2012/02/18900/bijak-dan-bahagia-meski-menua/
http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2012/02/01/bijak-dan-bahagia-meski-menua/
https://www.facebook.com/Hatiorganik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Mendengar istilah pensiun yang tergambar adalah seorang karyawan di satu instansi pemerintah atau perusahaan swasta yang menyudahi masa baktinya.

Strategi pilihan Usaha menjelang/setelah menjadi Pensiunan
http://valueconsulttraining.com/human-resources-training/1457-strategi-menjelang-pensiun#axzz1tLIKLI2h
Mempersiapkan masa pensiun
http://bukitkasih.com/tips-rohani/tips-keluarga/mempersiapkan-masa-pensiun
Kewirausahaan Masa Persiapan Pensiun
http://www.lp2es.com/program/detail/1/10/program-10.html
Tetap Bergairah Hidup Pasca Pensiun
http://entrepreneurship.wirausahanews.com/20120405/164-tetap-bergairah-hidup-pasca-pensiun.html
PELUANG USAHA UNTUK PENSIUNAN
http://shelmi.wordpress.com/2010/01/11/peluang-usaha-untuk-pensiunan/
Agar tidak terlunta-lunta menjalani hari tua
http://personalfinance.kontan.co.id/news/agar-tidak-terlunta-lunta-menjalani-hari-tua
Program Persiapan Pensiun
http://valueconsulttraining.com/inhouse-training/soft-skill-program/program-persiapan-pensiun#axzz1tLIKLI2h
Menyiapkan pensiun sejak dini, mengapa tidak?
http://www.bisnis.com/articles/menyiapkan-pensiun-sejak-dini-mengapa-tidak
https://www.facebook.com/Hatiorganik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kesibukan mempersiapkan diri menghadapi kehidupan setelah kehidupan di dunia ini berakhir, tidak perlu menjadi jawaban atas pertanyaan apa kegiatan sekarang. Nikmati saja masa pensiun itu dengan berbagai keindahannya. Keindahan itu ada didalam diri sendiri ketika berkemas-kemas untuk menempuh perjalanan panjang.
Pensiun Bukan Akhir dari Segalanya
http://sosbud.kompasiana.com/2010/05/14/pasca-%E2%80%9C-7-to-5%E2%80%9D/
http://solution-mind-development.blogspot.com/2010/12/pensiun-bukan-akhir-segalanya.html
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2009/04/16/59674/PNS-Pensiun-Bukan-Akhir-Segalanya
MENGISI MASA PENSIUN
http://ronawajah.wordpress.com/2011/08/02/mengisi-masa-pensiun/
Pilihan Usaha di Masa Pensiun
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/01/10/pilihan-usaha-di-masa-pensiun/
https://www.facebook.com/Hatiorganik

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
7 Jurus Pensiun Bergaya
pesantren.
Artinya, pensiunan santai tapi sejahtera dan keren.
Tidak semua orang bisa memasuki masa pensiunnya dengan mulus, meskipun pensiun itu terjadi secara normal, bukan pensiun dini atau memilih pensiun untuk berkarya sebagai wirausaha. Itulah kondisi yang sering ditemukan pada orang tua kita atau mungkin diri kita pada 5, 10, atau 20 tahun lagi. Masih banyak orang yang memandang pensiun merupakan akhir dari segalanya. Pensiun berarti tidak lagi bisa berkuasa (post power syndrome), pegang duit banyak, atau merasa jatuh status sosialnya.
http://reganleonardus.wordpress.com/2010/02/24/7-jurus-pensiun-bergaya/
https://www.facebook.com/Hatiorganik


TAGS


-

Author

Follow Me